Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan

Manfaat Probiotik
Info Kesehatan - Probiotik adalah mikroorganisme hidup dianggap sehat bagi organisme tuan rumah. Menurut definisi saat ini diadopsi oleh FAO / WHO, probiotik adalah: "mikroorganisme Live yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup memberikan manfaat kesehatan pada host". Bakteri asam laktat (LAB) dan bifido adalah jenis yang paling umum dari mikroba yang digunakan sebagai probiotik, tetapi ragi tertentu dan basil juga dapat membantu. Probiotik biasanya dikonsumsi sebagai bagian dari makanan fermentasi dengan menambahkan khusus budaya hidup aktif; seperti di yogurt, yogurt kedelai, atau sebagai suplemen diet.

Secara etimologi, istilah tampaknya menjadi gabungan dari preposisi bahasa Latin''pro''("untuk") dan kata sifat Yunani''βιωτικός''(biotik), yang terakhir berasal dari kata benda''βίος''(bios, "hidup")

Pada awal abad ke-20, probiotik dianggap menguntungkan mempengaruhi tuan rumah dengan meningkatkan keseimbangan mikroba usus nya, sehingga menghambat patogen dan bakteri penghasil racun. Hari ini, efek kesehatan spesifik yang sedang diselidiki dan didokumentasikan termasuk pengentasan penyakit kronis inflamasi usus, pencegahan dan pengobatan patogen-induced diare, infeksi urogenital, dan penyakit atopik. 

Manfaat Probiotik
Percobaan ke dalam manfaat dari terapi probiotik menunjukkan berbagai keperluan pengobatan potensial bermanfaat bagi probiotik. Bagi banyak manfaat potensial, penelitian terbatas dan hanya hasil awal yang tersedia. Perlu dicatat bahwa efek yang dijelaskan ''tidak'' efek umum dari probiotik. Penelitian terbaru tentang biologi molekular dan genomik dari Lactobacillus'' ''telah difokuskan pada interaksi dengan sistem kekebalan tubuh, anti kanker yang potensial, dan potensi sebagai agen biotherapeutic dalam kasus-kasus diare terkait antibiotik, diare pelancong, diare pediatrik, penyakit usus inflamasi dan sindrom iritasi usus besar.

Semua efek hanya dapat dikaitkan dengan strain individu (s) diuji. Pengujian suplemen tidak menunjukkan manfaat dari setiap strain lain dari spesies yang sama, dan pengujian tidak menunjukkan manfaat dari seluruh kelompok LAB (atau probiotik lain). 

Mengelola intoleransi laktosa
Sebagai bakteri asam laktat aktif mengkonversi laktosa menjadi asam laktat, konsumsi strain aktif tertentu dapat membantu individu toleran laktosa menoleransi laktosa lebih dari apa yang mereka akan dinyatakan.

Pencegahan kanker usus besar
Dalam pemeriksaan laboratorium, beberapa strain LAB (Lactobacillus bulgaricus'''') telah menunjukkan efek anti-mutagenik dianggap karena kemampuan mereka untuk mengikat dengan amina heterosiklik, yang zat karsinogenik terbentuk dalam daging dimasak. 

Penelitian terhadap hewan telah menunjukkan bahwa beberapa LAB dapat melindungi terhadap kanker usus besar pada hewan pengerat, meskipun data manusia terbatas dan bertentangan. Kebanyakan percobaan manusia telah menemukan bahwa strain yang diuji dapat menggunakan efek anti-karsinogenik dengan mengurangi aktivitas enzim yang disebut β-glucuronidase Uji klinis telah menunjukkan bahwa probiotik dapat menurunkan kejadian infeksi saluran pernapasan dan karies gigi pada anak-anak. LAB makanan dan suplemen telah terbukti membantu dalam pengobatan dan pencegahan diare akut, dan dalam mengurangi keparahan dan durasi infeksi rotavirus pada anak-anak dan diare travellers 'pada orang dewasa

Helicobacter pylori
LAB juga berpikir untuk membantu dalam pengobatan infeksi pylori''''pylori (yang menyebabkan tukak lambung) pada orang dewasa bila digunakan dalam kombinasi dengan perawatan medis standar. Namun studi lebih diperlukan ke daerah ini.

Antibiotik diare terkait
Antibiotik terkait diare (AAD) hasil dari ketidakseimbangan dalam mikrobiota usus yang disebabkan oleh terapi antibiotik. Mikrobiota perubahan perubahan metabolisme karbohidrat dengan penurunan penyerapan rantai pendek asam lemak dan diare osmotik sebagai hasilnya. Konsekuensi lain dari terapi antibiotik yang menyebabkan diare adalah pertumbuhan berlebih dari potensial organisme patogen seperti Clostridium difficile''''.
 
Pengobatan probiotik dapat mengurangi insiden dan keparahan AAD seperti ditunjukkan dalam analisis meta-beberapa. Namun, dokumentasi lebih lanjut dari temuan ini melalui acak, buta ganda, plasebo-terkontrol dijamin.

Khasiat pencegahan AAD probiotik tergantung pada strain probiotik (s) yang digunakan dan pada dosis. Sampai pengurangan 50% terjadinya AAD telah ditemukan. Mereka tidak efektif untuk mengobati eksim, radang kulit gigih .. Bagaimana probiotik melawan overactivity sistem kekebalan tubuh masih belum jelas, namun mekanisme potensial adalah desensitisasi limfosit T, sebuah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh, menuju pro-inflamasi rangsangan.

Meningkatkan penyerapan mineral
Ini adalah hipotesis bahwa laktobasilus probiotik dapat membantu malabsorpsi benar trace mineral, ditemukan terutama pada mereka yang diet tinggi kandungan fitat dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang.

Mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di bawah tekanan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan untuk melihat efek stres pada flora usus, tikus yang diberi probiotik telah terjadinya sedikit bakteri berbahaya lekat usus mereka dibandingkan dengan tikus yang diberi air steril.

Irritable bowel syndrome dan kolitis
B.'' ''infantis 35624, dijual sebagai Rata, telah ditemukan untuk memperbaiki beberapa gejala irritable bowel syndrome pada wanita dalam sebuah studi baru-baru ini. Bakteri probiotik lain,''Lactobacillus plantarum''299v, juga ditemukan efektif dalam mengurangi gejala IBS. 

Selain itu, formulasi probiotik, VSL # 3, ditemukan aman dalam mengobati radang borok usus besar, meskipun keberhasilan dalam penelitian ini tidak pasti.
Bifidobacterium animalis''''DN-173 010 dapat membantu.

Mengelola kesehatan urogenital
Beberapa penelitian in vitro telah mengungkapkan potensi probiotik 'dalam mengurangi infeksi saluran kemih dan vaginosis bakteri. Hasil telah bervariasi pada studi ini, dan in vivo studi masih dibutuhkan di daerah ini untuk menentukan kemanjuran.

Posting Komentar

0 Komentar